Jumat, 23 Maret 2012

NASEHAT TERBAIK

Saudaraku,…
Salah satu media pembelajaran kehidupan yang terbaik bagi manusia adalah musibah-musibah yang tidak menyenangkan hati. Sehingga janganlah kita membenci keadaan Anda ketika berada dalam kesulitan. Jika Anda sungguh-sungguh beriman kepada Allah, tentu Anda percaya bahwa keadaan apapun yang ditetapkan Allah bagi Anda, bukanlah sesuatu yang sia-sia atau kelak akan merugikan Anda. Apapun kesusahan yang Anda alami hari adalah bagian kecil dari kasih sayang Allah.

Dan jangan pula Anda berpikir bahwa kesusahan dan musibah yang Anda alami akan menjadikan Anda terhina. Jika Anda bukanlah seorang ahli maksiat, tentu Anda tidak akan dihinakan oleh Allah. Hal yang semestinya dikhawatirkan adalah jika dalam kehidupan ini Anda hanya mengalami kegembiraan atau kesenangan semata. Hal buruk dari keadaan seperti ini adalah hati anda akan menjadi kasar dan lalai dengan suara Illahi yang mendekati Anda, dan ujungnya adalah hati Anda akan diperbudak oleh nafsu dan keinginan untuk berburu indahnya dunia yang menyenangkan.

Saudaraku,…
Bersabarlah dalam setiap musibah atau kesusahan yang Anda alami. Sesungguhnya musibah-musibah tersebut merupakan nasehat yang baik bagi Anda. Dan waspadalah jika Anda terlampau banyak menerima kesenangan dari Allah. Jangan sampai kesenangan tersebut membuat Anda lalai terhadap jalan-jalan lurus yang harus Anda lalui. Semoga kita semua mendapatkan pertolongan Allah, saudaraku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar